Rabu, 16 Februari 2011

tips persiapan sebelum melahirkan

Menjelang proses kelahiran seorang bayi, biasanya suami turut membantu persiapan melahirkan. Untuk ibu hamil yang baru kali pertama melahirkan biasanya banyak berkonsultasi dengan keluarga besar, teman, kerabat dekat atau cukup dengan membaca tips persiapan melahirkan.
Melahirkan adalah proses berikutnya yang dinantikan oleh ibu hamil. Perjuangan sejak bulan pertama hingga bulan ke sembilan usia kehamilan rasanya belum lengkap karena sang buah hati belum terlahir dengan selamat dan sehat. Saat-saat menjelang melahirkan pun menghadirkan berbagai perasaan, mulai cemas, kuatir, bahagia, dan takut.
Beberapa Persiapan MelahirkanBagi Anda yang baru akan menjalaninya, berikut ini ada beberapa tips persiapan melahirkan yang menarik untuk disimak:Ikuti saran dokter
Saat ini banyak mitos maupun kecenderungan menggunakan obat atau metode di luar medis. Beberapa ada yang baik, namun ada juga yang tidak baik. Seperti penggunaan Rumput Fatima yang diyakini bisa melancarkan kelahiran.

Anda perlu ketahui bahwa Rumput Fatima dapat menimbulkan kontraksi luar biasa tanpa terkendali, sehingga apabila dikonsumsi sebelum waktunya dan dengan dosis yang berlebihan, maka anak bisa lahir sebelum waktunya. Jadi sebaiknya Anda menghindarinya.

Demikian juga dengan ‘kepercayaan’ bahwa operasi cesar adalah ‘akal-akalan’ dokter kandungan untuk meraup untung lebih banyak. Kenyataannya, tidaklah selalu demikian. Pada beberapakasus, ibu tidak dibolehkan mengejan demi keselamatannya, dan operasi cesar adalah jalan terbaik untuk menyelamatkan nyawa keduanya. Ada juga yang menggunakan obat Cina untuk mempercepat pemulihan pasca operasi cesar. Ini juga tidak baik dari segi medis.

Jadi saran apapun yang Anda terima, baik itu dari orangtua maupun kerabat, hendaknya konsultasikanlah dengan dokterkandungan Anda, apakah saran tersebut baik diikuti atau tidak. 
Lancar BAB
Pertahankanlah kenaikan berat badan Anda agar tidak terlalu jauh dari normal. Obesitas pada ibu hamil bisa mengakibatkan tidak lancarnya BAB dan menghambat jalan lahir janin. Jadi konsumsilah makanan berserat yang cukup agar BAB Anda selancar sebelumnya. 
Banyak berjalan dan aktivitas normal
Banyak berjalan juga akan membantu melancarkan kelahiran. Dengan berjalan, otot-otot kewanitaan Anda menjadi lentur dan terlatih. Lakukan juga aktivitas Anda secara normal, hindari bermalas-malasan agar tubuh Anda bugar. Ini akan sangat membantu untuk melahirkan normal. 
ASI 
Tips persiapan melahirkan yang satu ini sangat penting untuk tumbuh kembang sang buah hati. Memasuki trimester terakhir, yaitu setelah kandungan berusia 6 bulan, rajin-rajinlah memijat payudara Anda minimal 2x sehari yaitu saat mandi. Gunakan
baby oil saat memijat, lakukan pijatan ke arah luar untuk masing-masing payudara.

Setelah itu, kompres dengan air hangat. Ini untuk merangsang keluarnya ASI. Dengan rutin memijat, ASI bahkan bisa keluar di usia kandungan 7-8 bulan. Jika Anda ingin memberikan ASI eksklusif, sampaikanlah ke perawat saat Anda akan melahirkan, agar perawat tidak memberi bayi Anda susu formula.

Gunakan payudara Anda bergantian kiri dan kanan untuk menyusui agar tidak bengkak karena ASI yang menggumpal. Jika payudara bengkak karena ASI yang berlebih, berilah pijatan di bagian yang keras. Namun jika terjadi sebaliknya, ASI Anda belum keluar, tetaplah rutin memijat dan mengkonsumsi susu khusus ibu menyusui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar